Selasa, 08 Januari 2008

Hutanku Banjirku
Pengirim: Ahmad Mustain Billah

foto Banjir yang melanda di beberapa wilayah Indonesia. Salah satu sumber penyebabnya adalah berkurangnya lahan hutan. Pembalakan hutan yang sering terjadi sering luput dari pihak yang berwenang sehingga menyebabkan lebih dari berjuta-juta hektar lahan hutan dibabat habis.

Ini mengakibatkan terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sebagai contohnya adalah banjir yang melanda Jakarta – Ibu Kota yang setiap tahunnya menjadi langganan tetap bencana banjir – menjadi imbas atas berkurangnya lahan hutan sebagai serapan utama air ini.

Disadari atau tidak, tidak adanya lahan hijau di Jakarta membuat serapan air tidak ada. Hal lain yang menyebabkan adalah pembangunan perumahan dan villa-villa di daerah Bogor dan sekitarnya.

Banjir yang datang adalah berasal dari kota Bogor. Di daerah puncak di Bogor pembangunan villa-villa kini mencapai puncaknya. Sehingga lahan hutan yang dulunya merupakan sebagai serapan air kini sudah gundul.

Yang tertinggal hanyalah bangunan-bangunan megah. Bangunan-bangunan tersebut bernilai ratusan juta rupiah. Bahkan ada yang mencapai satu milyar lebih. Yang lebih mengherankan adalah pemilik villa tersebut adalah mereka dari kalangan pejabat!

Di mana tanggung jawab para pejabat yang katanya peduli dengan rakyat. Pemerintah seharusnya memberikan peringatan atas pembalakan maupun penggundulan lahan hutan untuk mencegah bencana banjir yang terjadi terus-menerus setiap tahunnya.

Ahmad Mustain Billah
Margoyoso V No 25 Ngaliyan Semarang
amust7@yahoo.com
085640022813


(msh/msh)

pernah dimuat di www.detik.com tanggal 04 Januari 2008

Tidak ada komentar: